Jumat, 27 Desember 2013

3 PRINSIP DASAR

Gunakan layout untuk menyampaikan makna dan hubungan.

Bila Anda menempatkan teks dan gambar pada layar, Anda tidak dapat mengasumsikan bahwa pelajar otomatis mengerti apa artinya. Tugas Anda adalah untuk menciptakan hubungan dan membimbing pemahaman peserta didik.
Lihatlah gambar di bawah ini. Tanpa penjelasan, Anda dibiarkan bertanya-tanya apa hubungan antara karakter.
The Rapid E-learning Blog - Kelompok lima orang
Sekarang, lihatlah gambar berikutnya. Karakter yang sama, hanya mereka terorganisir lebih baik. Karena kedekatan dan jarak, Anda dapat menyiratkan hubungan tanpa menyajikan informasi lainnya. Hal ini membantu membimbing peserta didik dengan penjelasan kurang.
Namun, sebaliknya juga bisa benar. Melalui desain yang buruk, Anda dapat menyiratkan hubungan antara informasi pada layar yang tidak ada.
The Rapid E-learning Blog - Empat lawan satu

Gunakan pola dan pengulangan untuk mengatur konten Anda.

Karena Anda memperkenalkan ide-ide baru, Anda dapat membantu proses pembelajaran dengan menggunakan unsur-unsur dan pola berulang. Mereka membantu mengatur konten dan membawa rasa persatuan untuk kursus.
Sebagai contoh, ada banyak informasi pada gambar di bawah. Namun, itu tidak mudah untuk memahaminya karena itu semua chunked bersama-sama. Aku bosan hanya melihat semua teks itu dan saya tidak memiliki kecenderungan untuk mengeksplorasi lebih. Selain itu, karena cara itu disajikan, saya tidak tahu apa informasi itu dan apa artinya bagi saya.
The Rapid E-learning Blog - Teks ini tidak masuk akal
Berikan isyarat visual learner sehingga mereka mampu mengikuti isi kursus dan memahami bagaimana semua itu cocok bersama-sama. Hal ini terutama berlaku untuk kursus online karena orang telah mengembangkan kebiasaan surfing web, di mana mereka dengan cepat memindai layar informasi.
Jika Anda melihat gambar di bawah ini, Anda akan melihat bahwa dengan menggunakan beberapa elemen berulang-ulang informasi tersebut lebih mudah untuk diproses. Dalam contoh ini, judul yang berani berarti judul dan teks yang digarisbawahi merupakan bagian. Seperti yang Anda lihat, pelajar dengan cepat dapat memindai informasi dan menentukan mana cocok ke dalam skema hal. Dengan mengulangi sesuatu seperti teks digarisbawahi, pelajar intuitif tahu bahwa hal-hal yang terkait.
The Rapid E-learning Blog - Tambahkan elemen yang berulang-ulang pada teks untuk membantu mengatur maknanya
Kau tidak terbatas pada teks. Anda juga dapat melakukan hal yang sama dengan elemen grafis. Apa pun yang Anda desain harus membantu pelajar memilah informasi dan menciptakan rasa nyaman dengan mengetahui bagaimana konten pada layar tersebut terkait satu sama lain dan tujuan keseluruhan kursus.

Gunakan hanya gambar yang tepat. Tidak ada lagi.

Apakah Anda menggunakan teks atau grafis, semua itu harus mendukung tujuan dari kursus. Jika pada layar, maka harus memberikan kontribusi dan tidak mengurangi program studi Anda. Ini termasuk gaya visual, font, warna, dan simbol. Mereka semua berkontribusi terhadap proses komunikasi. Pastikan bahwa mereka berkontribusi terhadap pesan Anda dengan cara yang benar.
Misalkan Anda sedang menonton kursus elearning di taman umum dan Anda melihat gambar di bawah pada layar. Apa gambar yang memberitahu Anda? Jika Anda seperti saya, Anda mengharapkan sesuatu tentang lingkungan atau sampah di taman.
The Rapid E-learning Blog - Gadis di taman memungut sampah
Tanpa berkomunikasi apa pun, gambar sudah mulai mengatakan sesuatu. Itulah cara Anda ingin menggunakan gambar, simbol, atau grafis lainnya di layar Anda. Anda ingin mereka untuk berkontribusi pada kursus.
Di sisi lain, ada kecenderungan untuk menempatkan gambar dekoratif pada layar untuk mengisi blank spot. Atau kadang-kadang, klien ingin "hal jazz sedikit." Hindari itu. Jangan sampah layar dengan unsur-unsur yang tidak berguna. Beberapa studi menunjukkan bahwa grafis dekoratif negatif dapat berdampak pada bagaimana peserta didik memproses informasi. Jadi Anda menjalankan risiko bahwa Anda benar-benar menghambat proses pembelajaran. Tidak hanya itu, tapi seperti gambar di atas, jika gambar mengkomunikasikan informasi dan tidak berhubungan dengan isi kursus, Anda akhirnya membingungkan peserta didik.
Anda tidak perlu menjadi seorang pro Photoshop atau desainer grafis profesional. Namun, untuk kerajinan kursus elearning yang efektif sangat penting untuk memahami prinsip-prinsip desain grafis. Aku menyentuh pada beberapa di posting ini, tapi ada lebih banyak untuk belajar.
Jika Anda sedang mencari buku yang bagus untuk memulai, saya sangat merekomendasikan The Non-Designer Desain Buku . Buku ini mencakup dasar-dasar desain visual. Memiliki contoh besar dan mudah untuk mendapatkan melalui.
Suatu bagian penting dari desain pembelajaran adalah penggunaan dan tata letak elemen visual Anda. Bagaimana Anda merancang layar Anda memberitahu peserta didik di mana mencarinya dan apa yang paling penting. Dan Anda ingin informasi pada layar untuk mendukung tujuan pembelajaran kursus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar