Ini adalah yang pertama dalam serangkaian tiga bagian pada teori warna. Di sini kita akan membahas makna di balik keluarga warna yang berbeda, dan memberikan beberapa contoh bagaimana warna ini digunakan (dengan sedikit analisis untuk masing-masing). Dalam Bagian 2 kita akan berbicara tentang bagaimana rona, kroma, nilai, saturasi, nada, tints dan nuansa mempengaruhi cara kita memandang warna.Dan dalam Bagian 3 kita akan membahas cara membuat palet warna yang efektif untuk desain Anda sendiri.
Warna hangat
Warna hangat termasuk merah, oranye, dan kuning, dan variasi dari tiga warna. Ini adalah warna api, daun musim gugur, dan matahari terbit dan terbenam, dan umumnya energi, gairah, dan positif.
Merah dan kuning keduanya warna primer, dengan oranye jatuh di tengah, yang berarti warna-warna hangat adalah semua benar-benar hangat dan tidak diciptakan dengan menggabungkan warna hangat dengan warna dingin. Gunakan warna-warna hangat dalam desain Anda untuk mencerminkan gairah, kebahagiaan, antusiasme, dan energi.
Red (Warna Primer)
Merah adalah warna yang sangat panas. Ini terkait dengan kebakaran, kekerasan, dan peperangan. Ini juga terkait dengan cinta dan gairah. Dalam sejarah, itu dikaitkan dengan kedua Iblis dan Cupid. Red benar-benar dapat memiliki efek fisik pada orang, meningkatkan tekanan darah dan tingkat respirasi. Ini telah ditunjukkan untuk meningkatkan metabolisme manusia, juga.
Red dapat dikaitkan dengan kemarahan, tetapi juga terkait dengan kepentingan (memikirkan karpet merah di acara penghargaan dan acara selebriti). Red juga menunjukkan bahaya (alasan lampu berhenti dan tanda-tanda merah, dan bahwa sebagian besar label peringatan merah).
Di luar dunia barat, merah memiliki asosiasi yang berbeda. Sebagai contoh, di Cina, merah adalah warna kemakmuran dan kebahagiaan. Hal ini juga dapat digunakan untuk menarik keberuntungan. Dalam budaya timur, red dikenakan oleh pengantin pada hari pernikahan mereka. Di Afrika Selatan, bagaimanapun, merah adalah warna berkabung. Red juga berhubungan dengan komunisme. Merah telah menjadi warna yang berhubungan dengan kesadaran AIDS di Afrika karena popularitas [RED] kampanye.
Dalam desain, merah bisa menjadi warna aksen yang kuat. Hal ini dapat memiliki efek yang luar biasa jika digunakan terlalu banyak dalam desain, terutama dalam bentuk yang paling murni. Ini adalah warna yang bagus untuk digunakan saat listrik atau gairah ingin digambarkan dalam desain. Red bisa sangat serbaguna, meskipun, dengan versi cerah menjadi lebih energik dan nuansa gelap menjadi lebih kuat dan elegan.
Contoh
Nuansa gelap merah dalam desain ini memberikan nuansa yang kuat dan elegan untuk situs.
Aksen merah benar menonjol dengan latar belakang hitam gelap, dan memberikan perasaan yang kuat dan high-end ke situs.
Aksen merah yang sangat terang di situs ini memberikan rasa energi dan gerakan.
The merah tua di situs ini, karena itu dikombinasikan dengan unsur-unsur grunge, tampaknya lebih seperti warna darah.
Merah tua, bila dikombinasikan dengan warna putih dan abu-abu, memberikan kesan yang sangat elegan dan profesional.
Oranye (warna sekunder)
Oranye adalah warna yang sangat bersemangat dan energik. Dalam bentuk diredam, itu dapat dikaitkan dengan bumi dan dengan musim gugur. Karena hubungannya dengan perubahan musim, jeruk dapat mewakili perubahan dan gerakan pada umumnya.
Karena jeruk dikaitkan dengan buah dengan nama yang sama, hal itu dapat dikaitkan dengan kesehatan dan vitalitas. Dalam desain, orange perintah perhatian tanpa sebagai kuat sebagai merah. Ini sering dianggap lebih ramah dan mengundang, dan kurang di-wajah Anda.
Contoh
Kotak oranye terang menarik perhatian isinya, bahkan dengan elemen merah cerah lain pada halaman.
Jeruk digunakan di sini dalam inkarnasi paling jelas, untuk mewakili api.
The oranye gelap, ketika diatur terhadap hijau limau, hampir bertindak sebagai warna netral dan grounding di sini.
Orange digunakan di sini untuk memberikan kesan ramah dan mengundang.
Aksen oranye di sini menambahkan banyak daya tarik visual dan membawa perhatian pada panggilan untuk bertindak.
Kuning (Warna Primer)
Kuning sering dianggap sebagai energi terang dan sebagian besar warna-warna hangat. Ini terkait dengan kebahagiaan dan sinar matahari. Kuning juga dapat dikaitkan dengan penipuan dan pengecut, meskipun (menelepon seseorang kuning menyebut mereka pengecut).
Kuning juga berhubungan dengan harapan, seperti dapat dilihat di beberapa negara ketika pita kuning ditampilkan oleh keluarga yang dicintai berperang. Kuning juga berhubungan dengan bahaya, meskipun tidak sekuat merah.
Di beberapa negara, kuning memiliki konotasi yang sangat berbeda. Di Mesir, misalnya, kuning adalah untuk berkabung. Di Jepang, itu merupakan keberanian, dan di India itu warna untuk pedagang.
Dalam desain Anda, kuning terang dapat meminjamkan rasa kebahagiaan dan keceriaan. Kuning lembut biasanya digunakan sebagai warna netral gender untuk bayi (bukan biru atau pink) anak-anak dan remaja. Kuning cahaya juga memberikan perasaan lebih tenang kebahagiaan dari kuning cerah. Kuning gelap dan kuning emas-warni kadang-kadang dapat melihat antik dan digunakan dalam desain di mana rasa keabadian yang diinginkan.
Contoh
Header kuning cerah dan grafis yang digunakan di seluruh situs ini memberikan rasa energi dan positif.
The kuning cahaya yang digunakan hampir sebagai netral dalam header di sini, dan dikombinasikan dengan ilustrasi digambar tangan memberikan impresison sangat ceria.
Aksen kuning cerah membawa perhatian pada bagian yang paling penting dari situs ini.
The bunga matahari kuning terang mengingatkan pengunjung musim panas di situs ini, dan dikombinasikan dengan latar belakang antik-kuning, itu memberikan perasaan nyaman dan mapan.
Header kuning cerah di sini menambahkan sedikit energi ekstra untuk desain ini.
Cool Colors
Keren warna termasuk hijau, biru, dan ungu, sering lebih tenang daripada warna-warna hangat. Mereka adalah warna malam, air, alam, dan biasanya menenangkan, santai, dan agak reserved.
Biru adalah satu-satunya warna dasar dalam spektrum yang sejuk, yang berarti warna lain dibuat dengan menggabungkan biru dengan warna hangat (kuning untuk hijau dan merah untuk ungu). Hijau mengambil beberapa atribut kuning, dan ungu mengambil beberapa atribut merah. Gunakan warna-warna dingin dalam desain Anda untuk memberikan rasa tenang atau profesionalisme.
Hijau (Warna Sekunder)
Hijau adalah warna yang sangat down-to-earth. Hal ini dapat mewakili awal yang baru dan pertumbuhan. Hal ini juga menandakan pembaharuan dan kelimpahan. Atau, hijau juga dapat mewakili iri atau cemburu, dan kurangnya pengalaman.
Hijau memiliki banyak menenangkan yang sama atribut yang biru memiliki, tetapi juga menggabungkan beberapa energi kuning. Dalam desain, hijau dapat memiliki efek menyeimbangkan dan menyelaraskan, dan sangat stabil. Ini cocok untuk desain yang berkaitan dengan kekayaan, stabilitas, pembaharuan, dan alam. Hijau cerah lebih energi dan bersemangat, sementara hijau zaitun yang lebih representatif dari alam. Hijau gelap adalah yang paling stabil dan representatif kemakmuran.
Contoh
Hijau sangat diredam situs ini memberikan perasaan yang sangat down-to-earth dan alami.
Header hijau terang dari situs ini dicampur dengan motif daun memberikan perasaan yang sangat alami dan bersemangat.
Semakin banyak zaitun-kencang hijau situs ini memberikan perasaan alami, yang sangat sesuai untuk konten.
Terang, hijau lebih retro tampak situs ini memberikan sangat segar, perasaan energi.
Situs hijau zaitun lain dengan perasaan yang sangat alami.
Biru (Warna Primer)
Biru sering dikaitkan dengan kesedihan dalam bahasa Inggris. Biru juga digunakan secara luas untuk mewakili ketenangan dan tanggung jawab. Blues cahaya dapat menyegarkan dan ramah. Biru gelap lebih kuat dan dapat diandalkan. Biru juga terkait dengan perdamaian, dan memiliki konotasi spiritual dan agama di banyak budaya dan tradisi (misalnya, Perawan Maria umumnya digambarkan mengenakan jubah biru).
Arti biru terpengaruh secara luas tergantung pada warna yang tepat dan hue. Dalam desain, warna biru yang tepat yang Anda pilih akan memiliki dampak besar pada bagaimana desain Anda dianggap. Biru cahaya sering santai dan menenangkan. Biru cerah bisa memberi semangat dan menyegarkan. Biru gelap sangat baik untuk situs perusahaan atau desain di mana kekuatan dan kehandalan adalah penting.
Contoh
Blues gelap memberikan ini perasaan keandalan, sedangkan cerah dan ringan biru tetap dari perasaan tenang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar