Tipografi memainkan peran besar dalam desain grafis dan dapat menjadi salah satu hal yang paling sulit untuk mendapatkan hak. Tujuan saya di sini adalah untuk memperkenalkan beberapa dasar-dasar dan daerah yang paling umum dari tipografi yang akan menjadi penting dalam pekerjaan desain Anda.
Pengenalan Dasar ke Tipografi
Tipografi memainkan peran besar dalam desain grafis dan banyak desainer yang sangat bergairah atau dogmatis tentang hal itu. Untuk alasan ini adalah topik yang sangat panas di kalangan desain.
Mengembangkan keterampilan Anda sendiri dalam tipografi akan memakan waktu dan dapat menjadi salah satu hal yang paling sulit untuk mendapatkan hak. Cara terbaik adalah untuk mendapatkan pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar sesegera mungkin dalam pendidikan dan karir. Namun, itu adalah masalah yang rumit dengan jumlah besar detail yang tidak dapat dijelaskan hanya dalam satu artikel. Jadi tujuan saya di sini adalah untuk memperkenalkan beberapa dasar-dasar dan daerah yang paling umum dari tipografi yang akan menjadi penting dalam pekerjaan desain Anda.
Jadi Apa Tipografi?
Tipografi adalah sebuah bentuk seni yang telah ada selama ratusan tahun. Kata-kata dan teks ada di sekitar kita setiap hari di hampir segala sesuatu yang kita lakukan. Dalam setiap bagian dari jenis yang Anda lihat, seseorang telah mempertimbangkan bagaimana huruf, kalimat dan paragraf akan terlihat dalam rangka untuk itu untuk dibaca oleh kita, atau membuat kita merasa dengan cara tertentu ketika kita melihatnya. Kadang-kadang hal itu dilakukan dengan baik, yang lain tidak. Seringkali kita desainer grafis yang adalah orang-orang memutuskan bagaimana hal itu akan terlihat, dalam brosur kita, logo kita, website kami dan sebagainya. Semakin baik kita ini, semakin efektif desain kami akan.
Baik tipografi berasal dari memperhatikan rincian kecil karena hal ini dapat membuat perbedaan antara pekerjaan desain grafis yang hanya dapat diterima atau benar-benar baik. Ada lebih dari hanya memilih font dan membuat salinan terlihat baik meskipun - itu juga tentang membuat hal-hal yang dapat dibaca dan dibaca (beberapa sebagian besar fungsi dasar tipografi yang baik) serta membuat layout terlihat baik dengan cara estetika.
Dasar-dasar tipografi
Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa daerah umum tipografi.
Jenis huruf atau huruf?
Mari kita satu ini dibersihkan langsung! Desainer sering yakin perbedaan antara kedua, karena mereka berdua istilah baik digunakan untuk hal yang sama. Sebenarnya, tipografi adalah keluarga font (seperti Helvetica Reguler, Helvetica Italic, Helvetica Bold, Helvetica Black, dll) tapi font adalah salah satu berat atau gaya dalam sebuah keluarga jenis huruf (seperti Helvetica Reguler).
Klasifikasi jenis huruf
Ada banyak klasifikasi yang berbeda dan sub-klasifikasi tipografi, tetapi yang paling umum dua jenis Anda akan mendengar adalah: Serif - tipografi ini adalah orang-orang yang lebih tradisional. Mereka dibedakan oleh garis pendek atau stroke akhir pada akhir karakter stroke dan batang (ditunjukkan dalam diagram anatomi bawah) dan; Sans-serif - seperti namanya, ini dibedakan oleh kurangnya setiap serif. Mereka hanya menjadi populer di abad kesembilan belas dan dianggap modern sebagai hasilnya.
Anatomi
Ini adalah beberapa bagian dasar dari anatomi karakter tipografi. Ada banyak lagi (yang dapat Anda mengetahui tentang di sini di Fonts.com ) tapi saya pikir lebih baik untuk memulai dengan beberapa pertama.
Mesin terbang
Apa mesin terbang? Kebanyakan desainer telah memperhatikan bahwa sekarang ada palet Glyphs di sebagian besar paket perangkat lunak utama. Kata dasarnya mengacu pada semua karakter yang tersedia dalam font, dari huruf ke nomor dan semua karakter khusus.
Kerning dan Tracking
Kerning adalah penyesuaian jarak antara karakter individu. Pelacakan, bagaimanapun, adalah jarak dari sekelompok karakter. Kedua sering bingung, tapi cara saya ingat mereka adalah bahwa Pelacakan terdengar seperti garis panjang rel kereta api, sedangkan Kerning terdengar seperti kernel, yang merupakan objek individu.
Penjajaran
Umumnya teks harus dibiarkan sejajar, hanya karena kita digunakan untuk membaca seperti itu. Tanpa alasan yang baik, hanya mempertimbangkan berpusat atau kanan menyelaraskan teks jika itu adalah sejumlah kecil, seperti judul atau keterangan. Juga, membenarkan teks (di mana ia memiliki lurus di kedua sisi) harus digunakan dalam moderasi juga. Ini terlihat bagus dan rapi dalam beberapa situasi, tapi terlalu banyak akan membuat tata letak terlihat kaku. Selain itu membenarkan dalam ukuran kolom kecil dapat menyebabkan jarak yang tidak teratur seperti antara kata-kata sebagai perangkat lunak mencoba untuk menyesuaikan teks agar sesuai.
Ukur
Hal ini mengacu pada panjang baris teks dalam paragraf atau kolom. Kebanyakan orang cenderung hanya menyebutnya sebagai lebar kolom sekalipun. Ukur merupakan hal penting untuk mendapatkan hak dalam tipografi karena dapat menjadi sangat penting untuk pembacaan teks. Jika ukuran terlalu lebar teks mungkin sulit untuk dibaca sebagai mata harus bergerak lebih banyak setelah setiap baris dibaca. Jika terlalu sempit juga dapat melelahkan pada mata untuk membaca, karena mata terus bergerak bolak-balik.Ukuran yang sempit juga akan menyebabkan banyak hyphenation.
Terkemuka
Spasi vertikal disebut sebagai Leading dalam tipografi dan cetak, yang karena di hari tua pencetakan dan pengaturan blok tipe, strip timbal yang disisipkan di antara baris sesuai dengan berapa banyak ruang yang diperlukan. Memimpin itu peran dalam tipografi adalah untuk menghasilkan ruang yang cukup antara garis untuk membuatnya mudah dibaca. Seperti dengan semua hal tipografi, itu adalah keseimbangan antara kenyamanan membaca dan gaya estetika.
Ligatures
Ketika bagian dari anatomi karakter baik bentrokan atau melihat terlalu dekat bersama-sama, mereka dapat dikombinasikan dalam apa yang disebut ligatures. Ini dapat untuk alasan fungsional atau dekoratif tergantung pada seberapa jelas bentrokan tersebut. Sebagian besar ini hanya masalah dengan serif font meskipun kadang-kadang sans-serif perlu ligatures harus ditetapkan juga.
Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang ligatures pada Fonts.com dan Layers Adobe Magazine .
Hyphenation
Satu lagi rincian Anda harus menilai dalam tipografi. Hyphenation tidak dicintai oleh desainer atau typographers tetapi kadang-kadang dianggap perlu untuk mencegah masalah kain (ada deskripsi kain lebih lanjut dalam artikel ini). Jika Anda harus menggunakan mereka menghindari banyak dari mereka di blok copy, dan terutama menghindari satu mengikuti yang lain. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini mencoba membaca halaman ini di Fonts.com .
Tanda hubung, En-strip dan Em-strip
Hal lain yang dapat menyebabkan kebingungan penggunaan karakter garis horizontal dalam huruf a, dan yang merupakan salah satu yang tepat untuk digunakan. Perlu mengetahui perbedaan antara tanda hubung (yang pendek) sebuah En-dash (yang sedikit lebih panjang satu) dan Em-dash (satu lagi). Linotypedan Fonts.com memiliki panduan yang berguna mengenai hal ini.
Grids
Sebuah Grid adalah panduan dimana desainer grafis dapat mengatur copy dan gambar dengan cara yang fleksibel, sementara membuat konten ini mudah untuk mengambil dan mengerti. Mereka dapat membentuk dasar dari tata letak tipografi yang baik maka ada baiknya untuk masuk ke dalam kebiasaan menggunakan mereka dalam pekerjaan Anda. Cobalah melihat contoh-contoh (seperti surat kabar, brosur, atau website dengan banyak konten teks) untuk melihat bagaimana jenis telah diposisikan dan terstruktur. Diagram di bawah ini dimaksudkan untuk menunjukkan dengan cara dasar bagaimana bagian yang berbeda dari jenis dapat diposisikan pada grid, dan apa bagian utama dari grid disebut.
Cari tahu lebih lanjut tentang menggunakan grid dari The Grid System , sumber daya yang sangat berguna.
Lap
Ini adalah tepi merata vertikal blok tipe, paling sering tepi kanan, seperti dalam kasus teks kiri-aligned. Hal ini penting untuk memperhatikan kain itu, karena dapat mempengaruhi pembacaan di jalan besar. Jika kain itu sangat tidak baik, itu bisa sangat mengganggu pada mata, saat Anda membaca bawah kolom. Biasanya dengan mudah bisa diperbaiki dengan pengerjaan ulang jeda baris, atau dengan mengedit salinan.
Janda dan Anak Yatim
Jika satu kata atau garis yang sangat pendek yang tersisa pada akhir kolom itu disebut Widow. Begitu juga jika yang sama yang tersisa di bagian atas kolom berikut ini disebut Orphan. Kedua hal ini dianggap tipografi buruk karena mereka menyebabkan bentuk mengganggu di blok tipe. Mereka biasanya dapat diperbaiki dengan mudah dalam cara yang sama seperti kain, dengan pengerjaan ulang jeda baris dalam kolom atau dengan mengedit salinan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar